#02 Doa

Setiap manusia pasti memiliki harapan yang didalamnya terdapat kebaikan untuk dirinya atau bahkan untuk orang lain. Baik secara verbal maupun digumamkan di dalam hati, harapan-harapan itu bernama doa. Doa memang tidak terlihat wujudnya, tapi ia akan selalu sampai kepada Yang Maha Mendengar. Menampung seluruh doa-doa hambaNya yang ada di muka bumi, memilih doa mana yang akan diwujudkan secara langsung, doa yang harus ditunda dulu karena belum saatnya untuk diberikan, doa yang digantikan dalam bentuk lain dan doa mana yang ditolak. Ya, Allah bisa menolak doa kita karena bisa jadi doa itu bukan doa yang baik atau justru Ia lebih tahu mana yang terbaik untuk kita. Allah Maha Bijaksana.

Di hari kedua Ramadhan kemarin, di rumah sedang ada pesanan yang alhamdulillah agak besar, jadi seluruh anggota keluarga membantu menyelesaikannya sampai hari ini. Waktu itu, aku sedang mengerjakan pesanan berdua dengan ibu di ruang keluarga, sambil mengobrol macam-macam. Sampai akhirnya ibu cerita tentang dibalik tak terduganya pesanan ini.

“Kemarin, ibu sama ayah punya target dapat orderan yang nilainya sekian juta. Eh, nggak lama dari itu, Alhamdulillah Allah kasih teh. Ini orderan teh segitu-eun. Ibu mah percaya ya, selain ikhtiar kita yang cuman promosiin bisnis ini lewat internet, ada doa Ema (Nenek) di hasil ini. Ini pasti karena doa Ema,” kata ibu sambil meneruskan mencabut stiker ini. Ya, ini bukan soal usaha atau kehebatan seseorang, ia bisa berhasil. Tapi, karena ada doa-doa orang lain dibelakang dia yang merayu Allah agar kebaikan bisa sampai pada dirinya. Atau bisa jadi ada mereka yang selalu meng-aamiin-kan setiap doa yang selalu dia panjatkan.

Doa adalah bagian hidup yang tidak boleh terlepas dari aktivitas sehari-hari kita. Kita bisa apa tanpa-Nya? Justru sombong kalau kita tidak berdoa. Aku selalu percaya pada-Nya, setiap doa akan diberi jawaban yang baik. Tergantung bagaimana kita menerimanya.

Perihal doa, apa yang biasanya kau bicarakan dengan Tuhan? Jangan sampai keasyikan berdoa untuk diri sendiri, harus ingat pula untuk mendoakan orang-orang yang sudah berbuat baik pada kita. Biar kebaikan itu akan terus berulang dan menular kepada yang lain.

4 Ramadhan 1437 H/ 9 Juni 2016

23:25 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s